Harisa Sayuti, Kansa (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STS (SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY) UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Kansa Harisa Sayuti
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran (Science
Technology Society) Untuk Menumbuhkan
Karakter Peduli Lingkungan
Data Kementerian Kesehatan menunjukkan hanya 20 % masyarakat Indonesia yang
peduli terhadap kebersihan dan kesehatan. Akibatnya, untuk melindungi Indonesia
dari berbagai masalah lingkungan, penerus bangsa harus memiliki kesadaran cinta
lingkungan. Namun, fakta di SDN 082/IX Pijoan berbeda dengan keadaan tersebut.
Fakta menunjukkan bahwa siswa masih membuang sampah sembarangan.
Penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran STS (Science
Technology Society) dalam pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk
memberikan solusi dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Intrumen penelitian
meliputi lembar observasi siswa dan guru, angket, dan wawancara. Validitas
menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini apabila karakter peduli lingkungan siswa meningkat hingga mencapai
minimal 85%. Hasil penelitian ini dilakukan melalui observasi dan angket. Pada
siklus I hasil observasi menunjukkan skor rata-rata siswa sebesar 71 % dan hasil
angket sebesar 81,8 % hasil ini belum cukup dikatakan berhasil, sehingga perlu
dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II perbaikan yang dilakukan dalam model
pembelajaran STS yaitu 1) tahap invitasi, guru memberikan motivasi kepada siswa
menggunakan ice breaking, 2) tahap eksplorasi, guru memfasilitasi siswa laptop
untuk mencari informasi, 3) tahap solusi, guru memberikan kesempatan pada siswa
yang duduk di kursi belakang untuk menyampaikan pendapatnya, 4) tahap aplikasi,
guru memantau penggunaan air dan memberikan teguran terhadap siswa yang
bermain air. Setelah dilakukan perbaikan, hasil observasi siswa pada siklus II
meningkat hingga mencapai rata-rata 95 %, sejalan dengan hasil angket yang ikut
meningkat hingga mencapai 95,28 %. Hasil pada tindakan siklus II sudah mencapai
target indikator keberhasilan, maka tindakan di cukupkan sampai tahap ini.
Kata Kunci : STS (Science Technology Society), Karakter Peduli Lingkungan,
Model Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:26 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:26 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2917 |