Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI

Maharani M, Maharani M (2024) PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Strategi Crossword Puzzle Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matemetika Kelas V Di
Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
peningkatan motivasi belajar peserta didik di madrasah ibtidaiyah salamah Kota
jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Itidaiyah
Salamah Kota Jambi yang berjumlah 25 siswa. Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Tingkatan motivasi siswa diperoleh dari angket yang
dibagikan peneliti, penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil menunjukan bahwa
penerapan strategi crossword puzzle dapat meningkat motivasi belajar.
Peningkatan motivasi belajar ini dapat dilihat dari evaluasi pra-siklus, siklus I dan
siklus II dengan presentase pra-siklus 12% pada siklus I yaitu 60% dan pada siklus
II yaitu 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan
strategi crossword puzzle mampu meningkatkan motivasi belajar pada mata
Pelajaran matematika dengan pokok bahasan perkalian kelas V di MI Salamah Kota
Jambi ini di katakana berhasil.

Kata Kunci : Crossword Puzzle, Motivasi Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:24
Last Modified: 11 Aug 2025 03:24
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item
View Item