Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

OPTIMALISASI PENGAJARAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-AWWABIEN TANJUNG PASIR KOTA JAMBI

Satira, Ulfa (2024) OPTIMALISASI PENGAJARAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-AWWABIEN TANJUNG PASIR KOTA JAMBI. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSRAK

Metode sorogan menggambarkan interaksi langsung antara santri dan para
pengajar, di mana santri membahas kitab yang sama secara bergantian dan mendapatkan
penjelasan langsung jika ada kesalahan atau kurang pemahaman. Tujuan utamanya adalah
mempertahankan metode salaf dengan memastikan bahwa pembelajaran kitab kuning tetap
berlangsung dalam suasana interaktif yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pelaksanaan metode sorogan, menganalisis peran guru kyai, ustad, dan
ustazah dalam mengoptimalkan metode sorogan, dan menganalisis faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran kitab kuning. Serta mengananalis upaya yang dilakukan
untuk memperkuat faktor pendukung dan mengatasi penghambat pada pengajaran metode
soragan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di pondok
pesantren Al-Awwabien Tanjung Pasir Kota Jambi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dan teknik
keabsahan data menggunakan triangulasi data. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
dilakukan di Pondok Pesantren Al-Awwabien Tanjung Pasir Kota Jambi. Subjek dalam
penelitian ini yaitu guru kyai, ustadz/ustadzh sedangkan yang menjadi informan dalam
penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Al-Awwabien Tanjung Pasir Kota Jambi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan memungkinkan santri untuk
belajar secara mandiri berdasarkan kemampuan individu mereka, memungkinkan
pengawasan dan bimbingan langsung dari para ustadz/ustazah, serta membantu dalam
menjaga praktik membaca kitab kuning dari generasi ke generasi. Namun, terdapat kendala
seperti kurangnya tenaga pengajar, waktu yang dibutuhkan yang cukup panjang,
kebosanan santri, keterlambatan santri, dan kesulitan dalam membaca kitab kuning. Untuk
mengatasi kendala ini, langkah-langkah telah diambil, termasuk meningkatkan variasi dalam
pembelajaran, dan memberikan dorongan kepada santri/memotivasi, adanya sanksi bagi
santri yang terlambat dan penambahan tenaga pengajar kitab kuning. Upaya-upaya ini
bertujuan untuk memperkuat faktor pendukung metode sorogan dalam meningkatkan
kemampuan santri dalam membaca kitab kuning dan menjaga tradisi pembelajaran ini di
pondok pesantren. Penelitian ini memberikan wawasan yang berguna bagi pengembangan
metode sorogan dalam konteks pendidikan pesantren di masa depan.
Temuan utama penelitian ini adalah meskipun metode sorogan berhasil dalam
banyak aspek, tantangan seperti kurangnya tenaga pengajar, waktu yang dibutuhkan yang
panjang, dan potensi kebosanan santri masih relevan. Upaya perbaikan seperti peningkatan
variasi pembelajaran, motivasi santri, dan penerapan sanksi serta penambahan tenaga
pengajar telah diidentifikasi sebagai solusi potensial. Dengan demikian, penelitian ini
memberikan pandangan mendalam tentang metode sorogan dalam konteks pendidikan
pesantren dan upaya untuk mengatasi kendala yang muncul.
Kata Kunci :Metode sorogan, Kemampuan, Membaca, dan Kitab Kuning

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:08
Last Modified: 11 Aug 2025 03:08
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item
View Item