Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH

Saputri, Dina (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Dina Saputri
Program Studi : Tadris Biologi
Judul Skripsi : Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Swasta

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan pada peserta didik dikelas
VIII MTs. S. Jauharul Iman Senaung, peneliti menemukan rendahnya minat
belajar siswa, peneliti mendapatkan sikap siswa yang belum siap untuk melakukan
pembelajaran, siswa bersikap acuh dan tidak peduli dalam belajar, banyak siswa
yang ribut dan suka mengganggu temannya saat pemebelajaran berlangsung, jiwa
untuk berprestasi belum ada sehingga tidak menunjukkan jiwa pejuang, guru juga
kurang menggunakan media yang bervariasi, cenderung menggunakan buku teks
dan mencatat saja, media yang digunakan hanya media gambar saja. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu ; Adakah pengaruh media pembelajaran
animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTs.
S. Jauharul Iman Senaung?, dengan tujuan, untuk ; Membuktikan adanya
pengaruh media pembelajaran animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran
IPA di kelas VIII MTs. S. Jauharul Iman Senaung. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan satu kelas yaitu pada kelas
VIII, desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah
One Group Pre-test – Post-test Design. Untuk pengambilan data menggunakan
angket minat belajar siswa dilakukan pre-test (pemberian angket diawal sebelum
diberi perlakuan) dan post-test (pemberian angket setelah diberi perlakukan
berupa penggunaan media animasi), setelah diberi perlakuan dan dianalisis dengan
uji “t”. Peneliti menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan
penggunaan media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran IPA kelas VIII MTs. S. Jauharul Iman Senaung, dikarenakan adanya
faktor lain yang peneliti temukan dari sikap siswa yang belum siap dalam
pembelajaran, seperti siswa yang masih mengobrol pada saat pembelajaran,
mengganggu teman sebangkunya, dan sebagian siswa masih acuh tak acuh dalam
pembelajarannya. Berdasarkan hasil uji “t” bahwasanya nilai sig dari pengujian
data t-test paired two sample 0,14 > 0,05, oleh sebab itu dari kedua hipotesis yang
sudah diuraikan bisa diambil kesimpulan bahwa Ha ditolak sedangkan Ho
diterima. Hal ini memiliki makna bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Kata kunci : Minat Belajar Siswa, Media Pembelajaran Animasi.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:04
Last Modified: 11 Aug 2025 03:04
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item
View Item