Alawiyah, Hafifah (2024) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN DARUSY SYAFI’IYAH BATANGHARI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Hafifah Alawiyah
Nim : 203200183
Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kuantitas Santri Baru Di
Pondok Pesantren Darusy Syafiíyah Batanghari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pertama perencanaan pemasaran dalam
meningkatkan kuantitas santri baru. Kedua pelaksanaan pemasaran dalam meningkatkan
kuantitas santri baru di pondok pesantren Darusy Syafiíyah Batanghari. Ketiga hasil dari
manajemen pemasaran di pondok pesantren Darusy Syafiíyah Batanghari. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi teknik
dan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
perencanaan penerimaan peserta didik baru di Pondok Pesantren Darusy Syafiíyah
Batanghari dimulai dengan menetapkan sasaran atau perangkat tujuan, menentukan
keadaan, situasi, dan kondisi sekarang, mengidentifikasi faktor pendukung dan
penghambat, mengembangkan rencana dan menjabarkannya. 2) pelaksanaan pemasaran
pelaksanaan pemasaran di pondok pesantren darusy syafi’iyah menggunakan bauran
pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix) merupakan alat bagi pemasar, yang terdiri
atas berbagai variabel-variabel program pemasaran, yang perlu dipertimbangkan agar
implementasi strategi pemasaran, dan positioning yang ditetapkan, dapat berjalan dengan
sukses, sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. 3) hasil dari manajemen
pemasaran yang dilaksanakan oleh pondok pesantren Darusy Syafiíyah yaitu pondok
pesantren mengalami penurunan jumlah santri baru. Dengan faktor penghambat yaitu
persaingan antar lembaga pendidikan, persepsi masyarakat terhadap pondok pesantren,
terbatasnya anggaran, keterbatasan sarana dan prasarana.
Kunci: Manajemen, pemasaran, santri baru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:56 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2904 |