Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Wulandari, Devi (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Devi Wulandari
Program Studi : Pendidikan Guru Madrarah Ibtidaiyah
Judul Skripsi : Penerapan Model Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata
Pelajaran Matematika Di Kelas V A Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Matematika,

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dari
model problem based learning (PBL) agar dapat mengetahui pengaruh model
pembelajaran PBL terhadapt peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi pada mata pelajaran
matematika.
Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknis tes tes untuk
mengumpulkan data yang mengukur kemampuan berpikir kritis dan teknik
observasi untuk mengumpulkan data keterlaksanaan model pembelajaran PBL.
Untuk memperkuat keakuratan data peneliti menjabarkan analisis data pada
penelitian ini menggunakan deskriptif kooperatif dan deskriptif kualitatif.
Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah data tentang
kemampuan berpikir kritis menggunakan teknik tes serta data keterlaksanaan
model pembelajaran PBL melalui teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis
yang terbkti pada penelitian yang telah dilaksanakan dengan hasil sebagai berikut,
tingkat nilai pra siklus yaitu 49,3% (sangat kurang), siklus I yaitu sedikit
mengalami peningkatan menjadi 67,1% (kurang kritis), dan kemudian setelah
dilakukannya tahapan kegiatan pada siklus II terjadinya peningkatan hasil yang
diperoleh menjadi 80,2% (kritis).

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:39
Last Modified: 11 Aug 2025 02:39
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item
View Item