Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGA BANGSA DESA TEMENGGUNG KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN

Wahyu Atika, Avrilia (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGA BANGSA DESA TEMENGGUNG KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Avrilia Wahyu Atika
Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Permainan di Taman
Kanak-Kanak Bunga Bangsa Desa Temenggung Kecamatan
Limun Kabupaten Sarolangun
Skripsi ini membahas tentang implementasi model pembelajaran berbasis
permainan. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Bunga Bangsa Desa
Temanggung Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis permainan,
serta mengetahui kendala dan upaya pembelajaran berbasis permainan.
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Setelah data didapat peneliti menganalisis data dengan reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini
pelnggulnaan meltodel pelmbellajaran belrbasis pelrmainan olelh gulrul masih telrbatas,
melnandakan relndahnya prioritas gulrul dalam stratelgi pelngajaran. Penerapan model
pembelajaran berbasis permainan berhasil meningkatkan semangat dan fokus
belajar anak, integrasi antara pembelajaran dan permainan dapat menciptakan
lingkungan belajar yang dinamis, efektif, dan menyenangkan. Dengan
meningkatkan kemampuan merancang permainan pembelajaran yang bervariasi
dan menarik untuk anak. Kendala yang dihadapi guru melibatkan kurangnya
pengetahuan tentang pembelajaran kreatif, keterbatasan alat dan bahan bantu,
kesulitan menarik perhatian anak, dan faktor eksternal. Upaya yang dilakukan
oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis permainan
memerlukan persiapan terpadu, fasilitas yang mendukung, kesiapan guru,
pemahaman tujuan pembelajaran, fleksibilitas, alternatif, dan persiapan alat bantu.
Guru melakukan perbaikan kegiatan pembelajaran melalui permainan dan
memastikan setiap aspek dipersiapkan dengan matang.
Kata Kunci: Implementasi, pembelajaran, permainan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:32
Last Modified: 11 Aug 2025 02:32
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item
View Item