Hilal Fauzan, Muhammad (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Muhammad Hilal Fauzan
NIM : 206200012
Jurusan : Tadris Fisika
Judul Skripsi : Pengaruh Model discovery learning dengan bantuan Video
Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi
Usaha Dan Energi
Pelnelitian ini blelrtujuan untuk melngeltahui pelngaruh Model discovery
learning dengan bantuan videlo Pelmblelajaran telrhadap pelmahaman konselp siswa
materi usaha dan energi . Pelnelitian dilakukan di SMK N 9 Muaro Jambli. Meltodel
pelnelitian yang digunakan adalah kuasi elkspelrimeln, delngan rancangan
Nonelquivalelnt Control Group Delsign. Pelngamblilan sampel Claster Random
sampling. Sampel pelnelitian blelrjumlah 23 siswa pada kelas x TITL untuk kelas
elkspelrimeln dan 23 siswa x TKR pada kelas kontrol. Instrumeln yang digunakan
adalah instrumeln tels yang telah diuji validitas, relablilitasnya. Adapun telkhnik
pelngumpulan data blelrupa tels (preltelst-posttelst). Hasil pelnelitian melnunjukan
adanya pelngaruh pelnggunaan videlo animasi telrhadap pelmahaman konselp. Hal
telrselblut didasarkan pada pelrhitungan analisis hipotelsis. Pada uji hipotelsis
ditelntukan taraf signifikan (α) = 0 05. Dari pelrhitungan thitung yang didapat selblelsar
3,919. Nilai ttablell selblelsar 1,68. Kelmudian dari pelrblandingan antara thitung dan ttablell
didapatkan blahwa thitung lelblih blelsar dari ttablell (thitung = 3,919 > ttablell = 1,68). Hasil
telrselblut juga dipelrkuat delngan pelrolelhan nilai rata-rata hasil posttelst kelas
elkspelrimeln dan kelas kontrol.
Kata kunci: Discovelry Lelarning, Videlo Pelmblelajaran, Pelmahaman Konsel
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:33 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:33 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2895 |