Rahma Dilla, Dea (2024) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DIKELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Dea Rahma Dilla
Nim : 204180062
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan : Penerapan pendekatan contextual teaching anad learning dalam
pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi
Proses penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
pendekatan contextual teching and learnind dan menggunakan media wordwall
dalam pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi.
Pendidikan tindakan kelas (PTK), penelitian ini mengikut teori Kurt Lewis yang
menetapkan 4 tahap dalam proses penelitian yaitu peecanaan, pelaksanaan,
observasi da refleksi. Digunakan dalam tiga tahap yang disebut siklus I sampai
siklus III. Dalam pengumpulan data penelitian mengguakan model observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi.
Observasi awal atau prasiklus peneliti melakukan observasi hasil belajar siswa
dengan skor awal 32%, dikata gorikan cukup rendah, dan pada siklus I dengan
skor 3,6%, dikatagorikan cukup baik, dan pada siklus II dengan skor 4,5% data
akhir ini, 4 siswa yang sangat aktif, 17 siswa aktif. Tahap peningkatan hasil
belajar siswa sudah dikatagorikan berhasil. Pada karya ilmiah ini peneliti hanya
melakukan 2 siklus. Saran kepada para guru dan yang membaca karya ilmiah ini
dapat menerapkan pendekatan contextual teaching and learning dan media
wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Tematik, Contextual teaching and
learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:26 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:26 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2892 |