Khaeriyani, Khaeriyani (2024) PENERAPAN METODE RESITASI BERBANTUAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX ( CRI ) UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Khaeriyani
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Judul : Penerapan Metode Resitasi Berbantuan Certainty Of Response Index
(CRI) untuk Mengidentifikasi Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V
MI Al-Munawwarah Jambi
Metode pembelajaran resitasi bisa digunakan sebagai metode alternatif yang bisa
mengidentifikasi pemahaman belajar siswa yang berbeda-beda, karena resitasi berarti
dimana guru memberikan tugas tertentu baik disekolah, dirumah atau bahkan dimana saja
tujuannya agar siswa melakukan kegiatan belajar guna membangkitkan kembali keinginan
siswa dalam mata pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPA materi ekosistem. Guru sangat
berperan penting dalam proses pembelajaran.Pengumpulan data menggunakan tes objektif
terdiri dari 20 soal dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI) dapat
mengidentifikasi kemampuan siswa dengan menggunakan soal pilihan ganda dengan skala
dan kriteria CRI dalam setiap siklusnya dimana dalam menjawab soal, siswa diminta untuk
memilih nilai CRI (0-5), untuk skala kepastian 0-2 menandakan bahwa penebakan jawaban
yang dilakukan siswa menjadi peranan yang penting dalam menjawab soal tidak melihat
jawaban itu salah atau benar. Skala 3-5 menandakan bahwa siswa memiliki tingkat
kepercayaan yang tinggi dalam menjawab soal, dalam tingkat ini siswa dapat menjawab
soal dengan nilai yang benar dan menunjukkan bahwa siswa paham diajarkan, tetapi jika
jawaban salah terdapat kekeliuran dalam pemahaman konsep. yang besarnya disesuaikan
dengan tingkat kepercayaan siswa dalam menjawab soal. Pemahaman siswa dalam
menjawab soal terkait dengan materi menimbulkan tiga kemungkinan yakni, siswa
miskonsepsi (M), tidak paham konsep (TPK), maupun siswa yang paham konsep (PK).
Kesulitan yang dirasakan oleh siswa tentunya akan berdampak pada tidak tercapainya
tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc
Taggart. Hasil penelitian metode CRI dapat mengidentifikasi pemahaman siswa di
kategorikan Pada siklus I dengan nilai paham konsep (PK) sebesar 22,05 Miskonsepsi (M)
dengan nilai 22,75 dan tidak paham konsep (TPK) sebesar 36,85. Dan pada siklus II yakni
PK dengan nilai 34,167 MK dengan nilai 26,83 dan TPK sebesar 32,66
Kata Kunci : Metode resitasi, Certainty Of Response Index (CRI), Pemahaman
Siswa, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:54 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:54 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2882 |