Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUTH THULLAB KOTA JAMBI

Damayanti, Vita (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUTH THULLAB KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Vita Damayanti
NIM : 204201733
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And
Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta
Didik Pada Pembelajaran PPKn Di Madrasah Ibtidaiyah
Nahdlatuth Thullab Kota Jambi

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL), pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatuth Thullab Kota Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Arikunto
yang terdiri dari siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus dengan 1 siklusnya terdapat 2
pertemuan. Subjek penelitian berjumlah Tiga Puluh siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Nahdlatuth Thullab Kota Jambi. Data kemandirian belajar siswa
dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, lembar angket, setelah
itu data di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Nahdlatuth Thullab Kota Jambi dalam pembelajaran PPKn dapat
meningkat dengan menggunakan penerapan Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL). Pada pra siklus rata-rata berdasarkan hasil
observasi sebesar 38% dan rata-rata berdasarkan lembar angket sebesar 39,6%
dengan kategori Kurang Mandiri. Pada siklus I, rata-rata berdasarkan hasil
observasi sebesar 50,5% dan rata-rata berdasarkan lembar angket sebesar 59%
dengan kategori Cukup Mandiri. Pada siklus II, rata-rata berdasarkan observasi
sebesar 83,5% dan rata-rata berdasarkan angket sebesar 82% dengan kategori
Sangat Mandiri. Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu
berdasarkan hasil observasi dan angket sudah ≥ 61%. Sehingga tindakan
penelitian dihentikan pada siklus II.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),

Kemandirian Belajar, Pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:40
Last Modified: 07 Aug 2025 07:40
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item
View Item