Taufiq, Achmat (2023) PENERAPAN TADARUS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR TANGKIT MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Achmat Taufiq
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerepan Tadarus Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca
Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Muaro Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang
penerapan tadarus Al-Qur’am dalam proses meningkatkan kemampuan
baca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Muaro
Jambi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk
menyempurnakan penerapan metode tadarus dalam pembelajaran Al-
Qur’an tidak hanya oleh Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Muaro
Jambi saja tetapi bisa diterapkan disekolah-sekolah formal maupun non
formal yang pembelajaran Al-Qur’an . Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian di Pondok
Pesantren An-Nur Tangkit Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan mereduksi data kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data
yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan: Metode tadarus diimplementasikan dalam kegiatan
pembelajaran dengan cara diawali oleh salah satu siswa untuk memimpin
membaca dan siswa yang lain menyimak, lalu membaca secara bersama-
sama dan mempelajari cara baca dan tajwidnya, lalu siswa diminta untuk
menyetor surat yang dibacanya dalam penilaian yang telah ditentukan
oleh guru yaitu kelancaran membaca Al-Qur’an , ketepatan membaca Al-
Qur’an dengan tajwid, dan kesesuaian membaca dengan makhroj.
Kata Kunci : Penerapan, Tadarus, Kemampuan Baca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:09 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2864 |