Belfani, Elga (2023) PENGARUH MODAL, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA UMKM BIDANG KULINER DI TALANG BANJAR JAMBI TIMUR). Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara modal,
lokai dan promosi terhadap perkembangan usaha pada pelaku UMKM bidang
kuliner di Talang Banjar Jambi Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
brganda.sampel yang digunakan sebanyak 100 pelaku UMKM di kelurahan
Talang Banjar.
Hasil penelitian modal secara parsial berpengaruh terhadap perkembangan
usaha diperoleh nilai sebesar 2.150 > 1.660 dan nilai signifikan sebesar 0,034 <
0,05. Lokasi secara parsial berpengaruh terhadap perkembangan usaha diperoleh
nilai sebesar 2.101> 1.660 dan nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05. Promosi
secara parsial berpengaruh terhadap perkembangan usaha diperoleh nilai sebesar
1.934> 1.660 dan nilai signifikan sebesar 0,032 < 0,05. Hasil penelitian
berdasarkan uji f bahwa nilai f hitung sebesar 3.695 lebih besar dari f tabel 2.698
atau 3.695 > 2.698. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara modal, lokasi, dan
promosi secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi perkembangan usaha.
Nilai Adjusted R Square sebesar 0,475 atau 47,5%. Hal ini menunjukkan bahwa
variabel perkembangan usaha dipengaruhi oleh modal, lokasi dan promosi sebesar
47,5%, sedangkan sisanya 52,5% nilai perkembangan usaha dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian
Kata kunci : Modal, Lokasi, Promosi, Perkembangan usaha, UMKM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2856 |