PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY CO – OPERATION MODEL (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 MUARO JAMBI

nur syahara, ims (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY CO – OPERATION MODEL (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan pembelajaran Inquiry Co-Operation
Model (ICM) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik
Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi pada pokok bahasan Statistika.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan
pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM) mampu meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest – Only Control Design.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling dengan sampel
berjumlah 23 peserta didik di kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 24
peserta didik di kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes uraian berjumlah 8 soal. Analisis pada penelitian ini
menggunakan uji ttest dan uji Effect Size. Dari uji ttest pada taraf signifikan 5%
diperoleh 2,02 < 4,89dan dari hasil uji Effect Size diperoleh 1,5 dengan

persentase 93,3%(Tinggi). Artinya bahwa penerapan pembelajaran Inquiry Co-
Operation Model (ICM) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan

pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 08 May 2025 05:00
Last Modified: 08 May 2025 05:00
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item
View Item