Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN UMUM BUS JAMBI- KERINCI

Riyandra, Vigel (2023) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN UMUM BUS JAMBI- KERINCI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Transportasi merupakan aspek penting dalam kehidupan karena memberikan
kontribusi dalam aktivitas manusia sehari-hari. Salah satu alat transportasi yang
digunakan oleh masyarakat provinsi Jambi untuk melakukan perjalanan ke
Kerinci adalah PT. Kerinci Utama. Meningkatnya perkembangan usaha,
menyebabkan peningkatan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat sebagai
konsumen. Penyediaan harga yang kompetitif merupakan salah satu daya tarik
bagi masyarakat. Faktor utama yang menjadi kelemahan konsumen adalah

rendahnya tingkat kesadaran akan sebagai konsumen. Oleh karna itu Undang-
Undang Perlindungan Konsumen menjadi landasan hukum yang kuat bagi

pemerintah dan lembaga pelindungan untuk melindungi hak dan kewajiban pelaku
usaha dan konsumen. Permasalahan pokok dalam penelitian ini ada dua yaitu
Bagaimanakah perlindungan konsumen Bagaimana Implemetasi Undang-Undang
Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa
Angkutan Umum Bus Jambi-Kerinci dan Apa upaya hukum yang ditempuh oleh

konsumen yang dirugikan atas pelayanan yang diberikan oleh pihak bus Jambi-
Kerinci.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian ini termasuk
kedalam jenis penelitian observation research. Yaitu dilakukan dengan cara
survey atau meninjau langsung ke lokasi penelitian dengan menggunakan alat
pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Apabila ditinjau dari sifatnya
penelitian ini termasuk kedalam deskriptif sosiologis. Penelitian ini dilakukan
pada PT. Kerinci Utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa hak konsumen telah
terpenuhi menurut Undang-undang Nomo 8 Tahun 1999. Hak konsumen tersebut
berupa kepuasan konsumen terhadap pelayanan PT. Kerinci Utama. Faktor
pendukung perlindungan konsumen adalah Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999
yang memberikan batasan antara kewajiban pelaku usaha dan konsumen serta
pelayanan dan fasilitas yang diterima konsumen. Faktor penghambat dalam
memenuhi kewajiban seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun
1999.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:15
Last Modified: 06 Aug 2025 03:15
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item
View Item