Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 BUNGO KECAMATAN TANAH TUMBUH KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI

Parni, Parni (2023) IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 BUNGO KECAMATAN TANAH TUMBUH KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data empiris yang
berkaitan dengan Implementasi Model Pembelajaran Koopertif Jigsaw
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa Di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 7 Bungo Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo Provinsi
Jambi.
Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya yaitu analisis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Bungo
Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.
Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan penelitian ini mengemukakan
bahwa: 1) Pelaksanaan Implementasi Model Pembelajaran Koopertif
Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa Di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 7 Bungo Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten
Bungo Provinsi Jambi sudah berjalan cukup baik, hal ini dilihat dari segi,
a. guru sudah menerapkan suatu model pembelajaran dikelas, b. adanya
daya tarik anak-anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas. 2)
kendala yang dihadapi guru Fiqh dipengaruhi beberapa faktor, a.
Rendahnya pemahaman siswa tentang materi Fiqh karena daya tangkap
anak dalam setiap penjelasan tentang materi Fiqh berbeda-beda. b.
kurangnya minat belajar siswa selama jam pembelajaran berlangsung, c.
kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua siswa dirumah. 3)
Adapun upaya yang dilakukan oleh guru Fiqh adalah a. Dilakukan
pembelajaran khusus serta pengayaan bagi siswa yang belum memahami
materi Fiqh dan melakukan remedial bagi siswa bagi siswa yang
mendapatkan nilai yang rendah. b. mengajak siswa ikut aktif dalam proses
belajar mengajar seperti memberikan reward kepada siswa yang
mendapat nilai terbaik pada nilai harian Fiqh serta memberikan hukuman
kepada siswa yang mendapat nilai paling rendah pada nilai harian Fiqh,
c. bekerja sama dengan kedua orang tua siswa agar selalu memberikan
apresiasi terhadap kemampuan anak. Kesimpulan pada penelitian ini
adalah dalam Implementasi Model Pembelajaran Koopertif Jigsaw Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh perlunya peningkatan perhatian terhadap
siswa.

Kata Kunci: Implementasi, Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:51
Last Modified: 06 Aug 2025 02:51
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item
View Item