Amalia Cahyani, Fenny (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IHSANIYAH DESA SARANG BURUNG KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Fenny Amalia Cahyani
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Model Pembeajaran Everyone Is A Teacher Here
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah
kebudayaaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Desa
Sarang Burung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro
Jambi Provinsi Jambi
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Sejarah
Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Al-ihsaniyah Desa Sarang Burung
Muaro Jambi bahwa dikarenakan saat proses belajar mengajar guru hanya
menerapkan metode pembelajaran seperti ceramah dan tanya jawab, dengan
demikian pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher centered) karena guru
lebih sering menggunakan metode ceramah. Sehingga hal itu berdampak pada hasil
belajar siswa yang rendah, bahkan Sebagian nilai siswa tidak mencapai nilai KKM
yang telah di tentukan . Tujuan peneitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII A di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Desa Sarang Burung Muaro Jambi. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan
lembar observasi dan tes tertulis yang dilakukan setiap akhir siklus yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Muaro Jambi yang
berjumlah 24 orang. Dalam penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher
Here ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Berdasarkan skor
hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I nilai rata-rata 70,2 atau 15 siswa
tuntas belajar, siklus II nilai rata rata 87,5 atau 21 siswa yang tuntas belajar. Jadi
dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar setelah penerapan
model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here yang terjadi dari siklus I sampai
siklus II adalah sebesar 74,4 yang artinya melalui penerapan model pembelajaran
Everyone Is A Teacher Here mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran, Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar
Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:42 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2837 |