Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI

Khairun Nisa, Hanan (2024) PENERAPAN METODE ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Hanan Khairun Nisa
Prodi/Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Metode Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan
Jambi

Kegiatan proses belajar Pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan
berbagai cara agar siswa yang diajarkan tidak mudah bosan. Salah satu cara yang
digunakan yaitu menggunakan Metode Artikulasi. Fokus penelitian dalam skripsi
ini adalah ; Penerapan metode Artikulasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII C
pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Sejarah Masa
Dinasti Abbasiyyah di SMP Ahmad Dahlan Jambi. Tujuan penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui apakah metode Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ahmad Dahlan
Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan sesuai dengan rancangan penelitian model Kurt Lewin yang meliputi
4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas
sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII C SMP Ahmad
Dahlan Jambi. Peningkatan ini dapat dilihat dari evaluasi tes hasil belajar pada
siklus I yaitu perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I 74,33 dan ketuntasan
klasikalnya sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II dilihat dari evaluasi hasil
belajar siswa rata-rata nilainya sebesar 86 dan ketuntasan klasikal sebesar 80%.
Adapun nilai rata-rata aktivitas guru siklus I yaitu dari 67,5% meningkat menjadi
92,5% pada siklus II, dan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 57,5%
meningkat menjadi 90% pada siklus II. Jadi dapat dikatakan bahwa penerapan
metode Artikulasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam.

Kata kunci : Metode Artikulasi, Hasil Belajar PAI, PTK

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:22
Last Modified: 05 Aug 2025 04:22
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item
View Item