Andini, Febriza (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ASY SYIFA AL INAYAH 6 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Febriza Andini
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul :Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament
(TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di
Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy Syifa Al Inayah 6 Kota Jambi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy Syifa Al Inayah 6 Kota Jambi dilihat dari Siswa
cenderung pasif siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang ada di dalam
kelas sehingga hasil belajar siswa menurun Serta di dalam kelas pembelajaran berpusat pada guru
siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan
penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
Pembelajaran Tematik dan Menganalisis apakah dengan peningkatan Model Teams Games
Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Tematik Di Kelas III
Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy Syifa Al Inayah 6 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dilakukan
menggunakan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan untuk
kesiapan melakukan tindakan, pelaksanaan tindakan penerapan model pembelajaran Teams Games
Tournament didalam kelas, observasi aktvitas Guru dan Siswa, dan refleksi terhadap hasil belajar
siswa. Penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklus
yaitu pada Pra Siklus dengan jumlah siswa 23 orang yang tuntas hanya 6 orang (26%), sedangkan
yang tidak tuntas sebanyak 17 orang (73,91%). Pada siklus I yang tuntas sebanyak 12 orang
(52,17%), tidak tuntas sebanyak 11 orang (47,82%). Data siklus II dengan jumlah siswa 23 orang
yang tuntas sebanyak 19 orang (82,60%), sedangkan untuk yang tidak tuntas hanya sebanyak 4
orang (17,39%). Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game
Tournament (TGT) pada pembellajaran Tematik Sub tema 1 Pertumbuhan dan perkemabangan
makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu
AsySyifa Al-Inayah 6 Kota Jambi.
Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Tematik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:53 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:53 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2814 |