Rumiyati, Rumiyati (2024) PENERAPANSTRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGUISTIC INTELLIGENCEUNTUK MENINGKATKANMINAT DANHASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH Al-MUKHLISIN JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Rumiyati
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Linguistic
Intelligence Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar
Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas
IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukhlisin Jambi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-
Mukhlisin Jambi dilihat dari ketidaktarikan untuk belajar, kurang memperhatikan
pembelajaran, tidak adanya motivasi belajar, kurangnya pengetahuan dalam
belajar dan juga mempengaruhi hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas IV yang
masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah. Tujuan
penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi
Pembelajaran Berbasis Lingustic Intelligence dan apa hambatan dan pendukung
pelaksanaan pembelajaran berbasis linguistic intelligence untuk meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa dikelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik
dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam dengan pendekatan linguistic intelligence terdiri dari 4
tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun temuan
dari penerapan strategi pembelajaran berbasis linguistic intelligence dengan
kegiatan yang terjadi dalam siklus I mencapai nilai 73,80 dengan tingkat
ketuntasan sebesar 47,61% hasil dari tindakan pada siklus I belum mencapai
target yang diharapkan. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar mencapai nilai
75,23 dengan tingkat ketuntasan sebesar 76,19% maka kriteria tingkat
keberhasilan belajar siswa pada siklus II dikategorikan baik, kemudian hambatan
yang di alami dalam pembelajaran dengan pendekatan linguistic intelligence salah
satunya siswa terkadang ribut dan sering bermain-main, sedangkan faktor
pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran salah satunya kondisi kelas yang
nyaman, dan kerjasama yang baik antara guru dan siswa.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Linguistic Intelligence, Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam, Minat dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:50 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:50 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2812 |