Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGAKTIFKAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP 1 TUNGKAL ULU

Saputri, Endang (2024) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGAKTIFKAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP 1 TUNGKAL ULU. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Endang Saputri
Nim : 201201842
Jurusan/Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Metode Role playing Dalam Mengaktifkan
Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 1
Tungkal Ulu

Penulisan ini menjawab tiga pertanyaan penulis yakni: Bagaimana
Penerapan Metode Role playing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Menengah Pertama Satu Atap 1 Tungkal Ulu, Apa Faktor Pendukung dan
Faktor Penghambat dalam Penerapan Metode Role playing pada Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Satu Atap 1 Tungkal
Ulu, dan Solusi dari Faktor Penghambat Penerapan Metode Role playing Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Satu Atap
1 Tungkal Ulu. Penulisan ini adalah penulisan kualitatif deskriptif yang
menggambarkan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi dan wawancara (kepala sekolah, guru Pendidikan agama islam,
dan peserta didik). Pendekatan dan Metode Penulisan, Setting dan Subjek
Penelitian, Jenis dan Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis
Data, Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data. Hasil penulisan menunjukkan bahwa
1) Salah satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta
didik aktif dan menanamkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran
dengan menggunakan metode role playing (bermain peran). Metode pembelajaran
role playing adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk bermain peran sesuai materi yang diajarkan. Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu Pelajaran wajib diajarkan di setiap
sekolah karena Pelajaran ini sangat penting berisikan tentang ajaran-ajaran Islam,
baik itu teori maupun traktik. Faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode role playing pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: a)
Kemampuan guru. b) dukungan kepala sekolah c) siswa yang aktif bertanya jika
tidak paham, dan rasa ingin tahu siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu:
c) Sebagian siswa kurang percaya diri. d) waktu pembelajaran yang terbatas. e)
Ruang kelas yang tergolong sempit. f) Kelas menjadi ramai. g) Sarana dan
prasarana kurang memadai saat bermain peran. Solusi dari faktor penghambat
dalam penerapan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam yaitu: a) menumbuhkan rasa percaya diri setiap siswa, b) mengatur waktu
pembelajaran siswa, c) memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada.
Kata kunci: Penerapan, Metode Role playing, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:35
Last Modified: 05 Aug 2025 03:35
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item
View Item