Artika Saragih, Refita Finny (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 55 MERANGIN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Refita Finny Artika Saragih
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 55 Merangin Provinsi Jambi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 55 Merangin.
Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Merangin pada bulan
Februari dan Maret semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif quasi experimental, dengan
desain nonequivalent control group design. Sampel diambil secara purposive
sampling dan berjumlah masing-masing 20 orang siswa yaitu kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes
pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang kemudian dianalisis dengan
menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic
25 diperoleh data Sig < α, yaitu 0,003 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Scramble
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi
pekerti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan atau
gambaran salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan sehingga mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:28 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:28 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2802 |