Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AS-SAADAH DALAM PEMBERANTASAN LITERASI AKSARA AL-QUR’AN DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI

Alfaya Arif, Agus (2024) PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AS-SAADAH DALAM PEMBERANTASAN LITERASI AKSARA AL-QUR’AN DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Agus Alfaya Arif
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) As-Sa‟adah Dalam
Pemberantasan literasi Aksara Al-Qur‟an di Kabupaten Tanjung Jabung
Timur

Skripsi ini membahas tentang Peran Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) As-
Sa‟adah dalam Pemberantasan literasi Aksara Al-Qur‟an di Kabupaten Tanjung

Jabung Timur. Karna banyaknya anak-anak yang masih belum bisa membaca aksara
Al-Qur‟an dengan baik dan benar, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana peran Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) As-Sa‟adah dalam
pemberantasan literasi aksara Al-Qur‟an di kabupaten tanjung jabung timur. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik
wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa : pertama, dalam proses pembelajaran pemberantasan buta
aksara Al-Qur‟an yang dilakukan di Taman Pendidikan As-Sa‟adah melalui beberapa
proses yaitu pengenalan huruf, pelafalan, memperaktekan bacaan, memperaktikan

aplikasi, dan konsistensi dan penyempurnaan. Kedua, peran Taman Pendidikan Al-
Qur‟an (TPQ) ialah lembaga non formal yang mengajarkan anak membaca Al-Qur‟an

dengan baik dan benar, tidak hanya mengajarkan tentang Al-Qur‟an saja akan tetapi
juga mengajarkan hal-hal lainya seperti pengajaran bahasa arab, literasi umum dan
dapat memoti orang tua. Ketiga, adapun faktor pendukung yaitu memotivasi , guru
yang berpengalaman dan kesabaran dan ketekunan. Sedangkan faktor penghambatnya
sulit mengatur waktu, anak didik. Kesimpulan dari skripsi ini ialah semenjak adanya
Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) As-Sa‟adah banyak perubahan pada anak-anak
yang awal mulai belum mengenal aksara Al-Qur‟an sehingga bisa mengenal aksara
Al-Qur‟an

Kata Kunci: Peran TPQ, Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:12
Last Modified: 05 Aug 2025 03:12
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item
View Item