Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KOMUNIKASI SISWA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

A'yuni, Qurratul (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KOMUNIKASI SISWA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Qurratul A’yuni
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam
Komunikasi Siswa Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 4 Muaro Jambi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam
perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa
Indonesia dalam komunikasi siswa, untuk mengetahui bagaimana implementasi
kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam komunikasi siswa
dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi
kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam komunikasi siswa
di kelas IV di MIN 04 Muaro Jambi. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Pengumpuland ata dilakukan dengan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kepala Sekolah dan guru melakukan perencanaan implementasi pembelajaran
dengan mempersiapkan dan melaksanakan SDM, membimbing dan membantu
perencanaan kurikulum operasional sekolah. Dengan menyiapkan perencanaan
Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), perencanaan
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa
Indonesia dalam komunikasi siswa menggunakan kurikulum merdeka yaitu terdiri
dari tahap perencanaan guru mempersiapkan Modul Ajar (MA) yang didalamnya
terdapat berbagai aspek yaitu tujuan pembelajaran, asesmen, pemahaman
bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, dan refkleksi. Di dalam
Modul Ajar (MA) mencakup komponen informasi umum, komponen inti, dan
lampiran. Pada faktor penghambat yaitu masih kurangnya pengalaman guru dalam
pengimplementasian Kurikulum Merdeka ini khususnya di kelas IV pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia dalam komunikasi siswa dan adanya faktor internak
dan eksteral siswa. Sedangkan untuk faktor pendukung proses
pengimplementasian Kurikulum Merdeka khususnya pada pembelajaran Bahasa
Indonesia ini yaitu adanya semangat dan motivasi yang besar dari guru dalam
mengikuti program baru dalam bidang pendidikan.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka, Komunikasi Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:55
Last Modified: 05 Aug 2025 02:55
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item
View Item