Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MEDIA MAGIC BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV A MI NURUN NAJAH OLAK KEMANG KOTA JAMBI

Zainuri, Zainuri (2024) PENERAPAN MEDIA MAGIC BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV A MI NURUN NAJAH OLAK KEMANG KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Zainuri
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul :.Penerapan media Magic Book untuk meningkatkan minat belajar
siswa dalam pembelajaran ipas kelas IV A MI Nurun Najah Olak
Kemang Kota Jambi
Terdapat dua sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah melihat
aktivitas guru dan siswa dalam pengunaan media Magic Book, melihat aktivitas siswa
dalam pengunaan media Magic Book, analisis aktivitas guru dan siswa. dan analisis hasil
belajar siswa. Hasil dari aktivitas yang dilakukan guru dengan melalui II siklus sudah
terbukti mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari skor yang diperoleh pada
siklus I 77% masuk dalam kategori baik mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
82% mengalami peningkatan menjadi kategori baik sekali. Hasil dari aktivitas siswa pada
siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, hal ini terlihat jelas berdasarkan skor pada
siklus I 70% termasuk dalam kategori baik, dan peningkatan pada siklus II 90%
meningkat menjadi kategori baik sekali. Selanjutnya hasil belajar siswa dengan
menggunakan media Magic Book di kelas IV A MI Nurun Najah Olak Kemang Kota
Jambi yang diperoleh dari memberikan beberapa soal tes yang berupa pilihan ganda yang
berjumlah 10 soal dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu
70. Diperoleh hasil pada siklus I terdapat 15 peserta didik yang tuntas dari 22 peserta
didik dengan perolehan nilai 68% dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 7 peserta
didik dengan nilai rata-rata yaitu 31%, maka hasil belajar siswa pada siklus I masih
kurang oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II
mengalami peningkatan yaitu, siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 18 siswa dengan
nilai 81% ada empat siswa yang tidak tuntas dengan rata-rata 18%. Berdasarkan
pemaparan di atas menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar IPAS siswa
dengan menggunakan media Magic Book di kelas IV A MI Nurun Najah Olak Kemang
Kota Jambi.

Kata kunci: Media Magic Book, Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:50
Last Modified: 05 Aug 2025 02:50
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item
View Item