Audystira, Milda (2024) PENERAPAN MODEL PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL- HIDAYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Milda Audystira
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul :Penerapan Model Paired Story Telling Untuk
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah AL-Hidayah Kota Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan
keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV melalui
model paired story telling. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa
dalam aspek keterampilan berbicara masih kurang aktif khususnya pada
pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS AL-Hidayah Kota Jambi
yang berjumlah 20 siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan. Data hasil
penelitian diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Setelah dilaksanakan proses
pembelajaran siklus I dan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran
paired story telling siswa kelas IV mengalami peningkatan yang signifikan. Pada
pra siklus skor keterampilan berbicara siswa sebesar 47,5% dengan kategori sangat
kurang, dan meningkat pada siklus I memperoleh skor nilai 65,37% dengan kategori
cukup dan meningkat secara signifikan setelah dilakukan siklus II dengan skor nilai
siswa menjadi 86% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model paired story telling dapat meningkatkan keterampilan
berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI AL-Hidayah Kota
Jambi.
Kata kunci: paired story telling, keterampilan berbicara, pembelajaran bahasa
Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:47 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2788 |