Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA KOTA JAMBI

Ferdila, Merdiana (2024) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk
dan promosi terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui
data primer, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah
mahasiswa pada 10 perguruan tinggi yang terdapat di Kota Jambi dan merupakan
pengguna e-commerce shopee. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode
penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik
pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu yang sesuai dengan
tujuan peneliti. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa
analisis regresi liniear berganda, yaitu uji normalitas, uji multikoliniearitas dan uji
heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan Uji F dan Uji T.
Hasil yang diperoleh dari persamaan regresi: Y = 2,205 + 0,359 (X1) +
0,083 (X2) + 0,501 (X3) + e. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara
parsial (Uji T), pada variabel harga (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y), variabel kualitas produk (X2) tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian (Y) dan variabel promosi (X3) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara simultan (Uji F)
menunjukkan bahwa variabel independen harga (X1), kualitas produk (X2) dan
promosi (X3) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Adapun pengaruh variabel
Koefisien Determinansi adalah sebesar 48,7% pengaruh harga, kualitas produk
dan promosi terhadap keputusan pembelian di e-commerce shopee sedangkan
51,3% ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:44
Last Modified: 05 Aug 2025 02:44
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item
View Item