Ardiana, Sinta (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Sinta Ardiana
Nim : 105200155
Judul : Efektivitas Pelayanan Publik Kantor Imigrasi Kelas I TPI
Jambi
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menilai keberhasilan
Efektivitas pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelayanan publik Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi dalam
pemberian layanan terhadap warga negara asing (WNA) menunjukkan efektivitas
pelayanan yang positif. Dengan adanya inovasi sebagai tolak ukur keberhasilan
pelayanan publik seperti kebaruan (Novelty) pelayanan WNA Molina.Imigrasi.go.id,
Efektif (Effectiveness) dengan mengunakan aplikasi Molina.Imigrasi.go.id masih
terdapat kendala jaringan, Bermanfaat (Significance) dengan inovasi pelayanan
dengan memberikan kepastian persyaratan, biaya, dan kepastian waktu penyelesaian,
dapat direplikasi (Transferbillity) tentunya aplikasi Molina.Imigrasi.go.id dapat
diterapkan di instansi yang berkaitan dengan bidang pelayanan, Berkelanjutan
(Sustainability) melalui aplikasi Molina.Imigrasi.go.id memiliki manfaat yang besar
dalam memberikan kemudahan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelayanan publik Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi menghadapi kendala signifikan
seperti keterbatasan jaringan aplikasi layanan warga negara asing (WNA), ketidak
lengkapan dokumen pemohon, kurangnya koordinasi antar instansi terkait, serta latar
belakang pendidikan pegawai yang berbeda. Meskipun demikian, upaya telah
dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut melalui evaluasi kinerja, program
pelatihan, dan inisiatif lainnya. Diperlukan kerja sama yang lebih erat antara Kantor
Imigrasi, lembaga terkait, dan masyarakat untuk mengefektivitaskan pelayanan ini
secara efektif dan berkelanjutan.
Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, WNA, Layanan Prima
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:34 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:34 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2764 |