Asiah, Nur (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU DI MTS NEGERI 3 MERANGIN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nur Asiah
Jurusan : Tadris Biologi
Judul Skripsi :Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word square Terhadap
Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) Terpadu di MTs Negeri 3 Merangin”
Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan model
pembelajaran Word square dalam pembelejaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Terpadu siswa MTs Negeri 3 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif eksperimen dengan menggunakan dengan desain true-experimental
dan bentuk posttes only control design. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian yaitu teknik simple cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan uji t dan uji
pengaruh effect size. Berdasarkan uji hipotesis kelas eksperimen t hitung 36,92
dan kelas kontrol t tabel 1,71 maka terlihat t hitung kelas eksperimen lebih besar
dibandingkan kelas t tabel kelas kontrol. Maka menunjukkan H0 ditolak dan Ha
diterima. Artinya, penerapan model pembelajaran word square berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran word square berpengaruh terhadap hasi belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpadu di MTs Negeri 3 Merangin.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Word square, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:20 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:20 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2758 |