Al Winia, Nurul Aini (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII D MTS AL-JAUHAREN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nurul Aini Alwinia
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Fiqih Di Kelas VII D Mts Al-Jauharen Kota Jambi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasrat keinginan belajarnya
siswa yang butuhnya belajar dorongan untuk mencapai keberhasilan,. dan jika
dilihat berdasarkan nilai masih banyak siswi yang belum mencapai KKM
dikarenakan nilai rata-rata yang di dapati oleh siswi kebanyakan adalah 65
sedangkan KKM yang di tetapkan adalah 75. Untuk itu penelitian ini perlu
dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc.Taggart. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII D. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kulalitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui 2
siklus yang dirancang secara sistematis dan beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dari
siklus I sampai siklus II dapat dilihat bahwa adanya peningkatan aktivitas guru dan
siswa, dan hasil angket pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan model
pembelajaran Problem Based Learning yaitu pada hasil analisis data aktivitas guru
pada siklus I menghasilkan 66% dan pada siklus II 96% maka aktivitas guru
mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa siklus I 66%
pada siklus II yaitu 94% maka aktivitas siswa dikategorikan sangat baik, dan pada
pra siklus persentase nilai angket motivasi rata-rata pada siklus I yaitu 74% dan
pada siklus II yaitu 89%. Maka peneliti menemukan bahwa model pembelajaran
Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII D
MTs Al-Jauharen Kota Jambi.
Kata kunci: Problem Based Learning, Fiqh, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:18 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:18 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2757 |