Febriani, Recha (2024) PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI PONDOK PESANTREN SAADATUL MUTTAQIN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Recha Febriani
NIM : 201201733
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan
Santri Pondok Pesantren Saadatul Muttaqin Muaro Jambi
Pembelajaran Tahfidzul Qur‟an ini pandang sebagai upaya penguatan
pendidikan Al-Qur‟an. Untuk mencapai tujuan, dibutuhkan strategi yang pantas
dan cocok. Oleh karena itu metode yang digunakan oleh pondok pesantren
saadatul muttaqin salah satunya menggunakan Metode Takrir. Masalah di
lapangan, saat penulis melakukan observasi awal di pondok pesantren saadtul
muttain ditemukan bahwa metode takrir hanya membuat penghafalnya hafal ayat-
ayat saja tapi tidak mengerti dengan artinya dan masih ada santri yang belum
mampu membaca Al-Qur‟an sesuai dengan Makhraj dan Tajwidnya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Tujuan dari penelitian ini 1)Untuk mengetahui implementasi metode
takrir dalam meningkatkan kemampuan hafalan santri 2) Untuk mengetahui
Kendala menghafal dalam metode takrir. Jenis penelitian adalah kualitatif . Dalam
penelitian ini data primer yang diperoleh dari wawancara yang dilakukan dengan
pimpinan podok pesantren saadatul muttaqin, ustadz dan ustazah di pondok
pesantren saadatul muttaqin. Data sekunder yang diperoleh dari data yang sudah
ada di pondok pesantren saadatul muttaqin berupa sejarah, Profil, Struktur
Organisasi, dan lain sebagainya. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan
dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode takrir sudah berjalan dengan
cukup baik hanya saja masih ada santri yang tidak disiplin dan malas dalam
menghafal. Untuk kendala nya santri yang pemahaman makhraj dan cara baca
masih ada kesalahan kemudian untuk santri-santri yang kemampuannya sedikit
lambat akan membutuhkan waktu dalam mentakrir, kondisi santri yang cukup
banyak dalam 1 kelas membuat para guru membutuhkan perhatiaan yang penuh
dikarenakan harus menyesuaikan dengan jadwal berikutnya.
Kata Kunci: Penerapan, Metode Takrir, Menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:15 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2756 |