Yunita Ismalinda, Ani Anggraini (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia industri perbankan, yang merupakan bidang usaha dengan tingkat
persaingan tinggi, setiap institusi keuangan memiliki rencana bisnis yang unik
menuju mencapai kesuksesan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan strategi pemasaran khususnya bauran pemasaran, untuk mengetahui
kendala yang dihadapi, dan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran
khususnya bauran pemasaran yang diterapkan bank muamalat kantor cabang Kota
Jambi. Metode penelitian sebagai penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini
ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, dan untuk mencapai hal tersebut,
peneliti memilih menggunakan wawancara bebas terpimpin. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Bank Muamalat Kantor Cabang Kota Jambi telah
menerapkan strategi pemasaran bauran pemasaran untuk setiap masing-masing
indikator yang ada dari strategi produk, harga, tempat, promosi, manusia, proses,
bukti fisik, janji, dan sabar. Kendala yang dihadapi oleh Bank Muamalat Kantor
Cabang Kota Jambi yakni persaingan bisnis karena menyediakan produk dan
pembiayaan yang sama, banyak bank pesaing yang mempromosikan dengan dana
promosi yang cukup tinggi. Strategi pemasaran yang diterapkan Bank Muamalat
Kantor Cabang Kota Jambi dapat dikatakan berhasil dan berdampak apabila
terdapat peningkatan jumlah nasabah dari tahun ke tahunnya. Hal ini masih terus
dalam tahap proses setiap tahunnya.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Persaingan Bisnis, Perbankan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2755 |