Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DI MTs AL-JAUHREN

Solehati, Fitri (2024) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DI MTs AL-JAUHREN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Fitri Solehati
Nim : 208200073
Program Studi : Tadris Matematika
Judul penelitian : Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau

Dari Kecerdasan Logis Matematis

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan melihat bagaimana kemampuan
komunikasi matematis peserta didik ditinjau kecerdasan logis matematis.
Kecerdasan logis matematis yang dimaksud meliputi tiga indikator yaitu peka
terhadap pola hubungan yang logis, Peka terhadap pernyataan dan dalil, peka
terhadap fungsi dan abstrak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs
Al-Jauharen yang memiliki kecerdasan logis matematis. Pengambilan subjek
dilakukan dengan cara melihat lembar jawaban siswa yang dikerjakan pada soal
materi lingkaran kelas VIII A selanjutnya dari hasil tersebut dipilih subjek
dengan kecerdasan logis matematis dalam menjawab dan mengerjakan semua soal
kemudian dilanjutkan dengan wawancara terstruktur. Instrumen yang dipakai
adalah kecerdasan logis matematis dan kemampuan komunikasi matematis yang
memuat 4 butir soal uraian /esai dan pedoman wawancara. Teknik analisis
datanya mencakup analisis domain, taksonomi dan komponensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa dengan kategori sangat baik mampu menyampaikan
ide dan solusi secara jelas dan sistematis, menggunakan bahasa matematika
dengan tepat. Siswa dengan kategori baik menunjukkan pemahaman yang
memadai, namun terkadang mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide secara
koheren. Sementara itu, siswa dengan kategori sedang cenderung kurang percaya
diri dalam berkomunikasi, meskipun memiliki kecerdasan logis yang tinggi.
Temuan ini menyimpulkan bahwa pengembangan kemampuan komunikasi
matematis harus diperhatikan, terutama pada siswa dengan kategori sedang, untuk
meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep matematika yang lebih baik.

Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis, kecerdasan logis, kualitatif,

lingkaran, matematika

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:06
Last Modified: 04 Aug 2025 04:06
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item
View Item