Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 TUNGKAL ULU

An-Nabawi, M.F. Mauliddin (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 TUNGKAL ULU. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : M.F. Mauliddin An-Nabawi
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah
Menengah Pertama Negeri 6 Tungkal Ulu.

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang dihadapi di dalam dunia
pendidikan yaitu rendahnya daya serap siswa dalam menangkap pembelajaran,
khususnya pembelajaran PAI. Siswa kurang didorong untuk bisa mengembangkan
kemampuan berpikir di dalam proses pembelajaran yang diselenggarakan di kelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran Cooperative tipe Student Team Achievement Division (STAD)
terhadap Hasil Belajar siswa kelas VII di SMPN 6 Tungkal Ulu. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dalam pengumpulan data
mengunakan metode observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi.
Metode observasi digunakan untuk mengukur aktifitas guru dan siswa setiap
persiklusnya. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat dan
gambaran di SMPN 6 Tungkal Ulu, metode tes digunakan untuk mengetahui
kemampuan belajar siswa setelah mengikuti model Cooperative tipe Student
Teams Achievement Division (STAD), dan dokumentasi digunakan untuk
menggambarkan apa yang terjadi di dalam kelas pada waktu pembelajaran
berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, penggunaan model
Cooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mampu
meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tingkal Ulu Kec.
Tebing Tinggi Tanjung Jabung Barat Jambi yaitu pada siklus pertama rata-rata
nilai siswa 65,21% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,04%.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model Cooperative
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil
belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Hasil Siswa, Pendidikan
Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:53
Last Modified: 04 Aug 2025 03:53
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item
View Item