Despian Jasri, Agil (2024) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH BATANG HARI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Agil despian Jasri
Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Profesionalisme Tenaga Pendidik di Pondok Pesantren
Darul Hijrah Batang Hari Jambi
Penelitian ini bertujuan untuk menilai profesionalisme tenaga pendidik, langkah-
langkah yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkannya, serta faktor-
faktor pendukung dan penghambat di Pondok Pesantren Darul Hijrah Batang Hari
Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
memanfaatkan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melibatkan
wawancara, observasi, serta dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme tenaga pendidik
dalam hal kepribadian dan sosial di Pondok Pesantren Darul Hijrah Batang Hari
Jambi sudah cukup baik. Para guru memiliki sikap yang patut diteladani dan
mampu berkomunikasi dengan baik dengan peserta didik, sesama guru, staf
sekolah, pimpinan, orang tua, serta masyarakat sekitar. Namun, profesionalisme
tenaga pendidik dalam hal kompetensi pedagogik dan profesional masih belum
maksimal. Banyak guru yang tidak memiliki keahlian sesuai bidangnya, sehingga
mengalami kesulitan dalam memahami potensi dan keragaman peserta didik.
Selain itu, penguasaan materi ajar juga belum mendalam dan merata. Upaya
kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik meliputi
pelatihan (diklat), KKG, dan MGMP. Namun, upaya-upaya ini belum sepenuhnya
efektif karena kegiatan tersebut tidak dilaksanakan secara rutin dan kurangnya
pengawasan, sehingga peningkatan profesionalisme guru belum optimal.
Beberapa faktor penghambat dalam peningkatan profesionalisme tenaga pendidik
di Pondok Pesantren Darul Hijrah Batang Hari Jambi meliputi keterbatasan sarana
dan prasarana untuk mendukung pengembangan keterampilan guru, kurangnya
keterlibatan ahli dalam pelatihan dan pengawasan, serta terbatasnya jumlah
pendidik dengan kualifikasi yang sesuai dengan latar belakang Pendidikan.
Kata kunci : Upaya, Kepala Sekolah, Profesionalisme, Tenaga Pendidik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2746 |