Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KOTA JAMBI

Arini, Wani (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Wani Arini
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat
Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kota Jambi

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kota Jambi
yang di pengaruhi oleh beberapa penyebab di antaranya siswa kurang
memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran berlangsung, siswa yang
izin ke toilet tapi malah berkeliaran di belakang kelas dan kekantin, siswa enggan
mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan melihat strategi apa yang di gunakan oleh guru khusus nya Guru Pendidikan
Agama. Penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dimana peneliti adalah sebagai
instrumen kuncinya. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam,
siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang di gunakan oleh
peneliti yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada pertemuan
pertama pada tanggal 05 Agustus 2024 peneliti melakukan observasi di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kota Jambi peneliti masih menemukan siswa yang
masih kurang berminat terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Di lihat
dari siswa yang masih banyak ribut dan mengobrol saat guru menerangkan,
selanjutnya di pertemuan berikutnya sampai selesai peneliti pokus pada strategi
yang di gunakan oleh guru, siswa yang mempunyai minat yang rendah semakin
berkurang. Peneliti melihat guru yang menggunakan strategi atau metode ceramah,
dan di selingi ice breaking, serta memainkan game atau kuis anak soleh, dan terlihat
anak anak menjadi bergairah serta semangat untuk mengikuti pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan pemaparan diatas menunjukkan adanya
penumbuhan minat belajar pada siswa dengan strategi yang digunakan oleh guru
yaitu dengan menggunakan strategi atau metode ceramah, bermain game atau
kuisanak soleh, dan di selingi dengan icebreaking.

Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islamm, minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:31
Last Modified: 04 Aug 2025 03:31
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item
View Item