Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM PERSPEKTIF AL-QURAN

Maulafi, Andri (2024) PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM PERSPEKTIF AL-QURAN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Andri Maulafi
Program studi :Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Judul :Pendidikan Anak Dalam Islam Perspektif Al-Quran
Al-Quran adalah petunjuk bagi umat manusia, al-Qur‟an menempati
posisi sentral dalam pendidikan Islam. Al-Quran merupakan sumber inspirasi dan

motivasi bagi setiap muslim untuk berfikir, berkreasi dan bertindak Selama al-
Quran belum ditempatkan sebagai petunjuk dalam menciptakan dan

mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berarti belum memahami secara
mendasar konsep pendidikan dalam Islam, termasuk di dalamnya konsep
metodologi pendidikan. Banyak sekali konsep metode pendidikan yang telah
diterapkan dalam membimbing ataupun mengajari anak, tetapi nyatanya masih
banyak yang hanya sekedar diterapkan dan anak masih jauh sekali dari nilai nilai
luhur islam itu sendiri. Sehingga perlu adanya pengonsepan tentang metode
pendidikan anak dengan berlandaskan al-Qur‟an dengan tujuan agar pendidkan
secara Islam itu tercapai dengan baik. Untuk memperoleh data daalam penelitian
ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dengan cara
mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisis sumber-sumber yang sesuai
dengan judul penelitian. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian
kualitatif. Dari data yang penulis himpun, maka penulis menganalisis rujukan
utama yaitu tafsir surah al-Ahzab dan surah Luqman. Setelab di analisis dan
dengan berpacu dari beberapa referensi. Dari analisis yang penulis lakukan, maaka
penulis menguraikan setidaknya ada empat metode pendidikan anak dalam Islam
berdasrkan Al-Qur‟an Surah An-nahl dan Al-ahzab, yaitu: metode keteladanan
(Pendidikan dan pengajaran dengan cara pendidik memberi contoh teladan yang
baik kepada anak agar ditiru dan dilaksanakan), metode Nasihat (Metode mendidik
anak dengan memberikan petuah-petuah yang telah diajarkan oleh al-Qur‟an),
metode diskusi (bertukar Pikir atau bermusyawarah menemukan jalan yang paling

baik dan tepat) dan metode hukuman (metode dengan pemberian hukuman-
hukuman yang dapat membuat anak jera atas perlakuan buruknya).

Kata Kunci : Pendidikan Anak, Perspektif Alqur’an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:25
Last Modified: 04 Aug 2025 03:25
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item
View Item