Ayu Maharani, Sekar (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) BINA INSAN SEJAHTERA (BIS) KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayaan terhadap kepuasan Nasabah di BMT Bina Insan
Sejahtera (BIS) Kota Jambi. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif serta sampel yang digunkan sebanyak 50 nasabah pada BMT
Bina Insan Sejahtera (BIS) Kota Jambi. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel ini yaitu sampling jenuh, dimana semua anggota BMT
Bina Insan Sejahtera (BIS) Kota Jambi dijadikan sampel. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier
berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat
signifikan 0.05.
Hasil penelitain yang diolah dengan program SPSS Versi 22
menunjukan bahwa nilai R Square sebesar 0,268 yang artinya 26,8%.
Variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen
dalam penelitian kualitas pelayanan yang mana dimensinya terdiri dari
perhatian, bukti fisik, daya tanggap, jaminan dan kehandalan. Sedangkan
sisanya sebesar 73,2% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak ditelti
atau tidak masuk dalam model penelitian ini.
Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,015 < 0,05 dimensi
kualitas pelayanan perhatian, bukti fisik, daya tanggap, jaminan,
kehandalan, secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah di BMT Bina Insan Sejahtera (Kota Jambi). Hasil uji T
yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di
BMT Bina Insan Sejahtera (Kota Jambi) adalah perhatian dan daya
tanggap. Sedangakan bukti fisik, jaminan dan kehandalan tidak
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasab
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:16 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2731 |