Rahayu Alningsih, Sri (2024) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII B SMP NEGERI 24 TANJUNG JABUNG TIMUR. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Sri Rahayu Alningsih
NIM : 201200038
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PadaMata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII B
SMP Negeri 24 Tanjung Jabung Timur
Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya perhatian siswa terhadap penjelasan
guru ketika proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih banyak yang
belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL),
pada materi Meyakini Nabi dan Rasul Allah: Menjadi Generasi Digital yang
Berkarakter. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis &
Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Data
diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif serta teknik keabsahan data
yaitu tringulasi sumber, tringulasi metode dan tringulasi waktu. Berdasarkan hasil
analisis data aktivitas guru pada siklus I menghasilkan 73,33%, pada siklus II
menghasilkan 79,16% dan pada siklus III menghasilkan 87,50% maka aktivitas
guru mengalami peningkatan dengan kategori Sangat Baik dan pada aktivitas
siswa siklus I menghasilkan 60,41% pada siklus II menghasilkan 66,66% dan
pada siklus III menghasilkan 84,03%, maka aktivitas siswa dikategorikan Baik.
Nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 64,5 dengan persentase ketuntasan
45%, nilai rata-rata siklus I adalah 68 dengan persentase ketuntasan 55%, nilai
rata-rata siklus II adalah 75 dengan persentase ketuntasan 68% dan nilai rata-rata
pada siklus III adalah 80 dengan persentase ketuntasan 77% kategori Baik. Maka
kesimpulan dari penelitian ini, bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 24 Tanjung Jabung Timur dengan
persentase ketuntasan 82% dan rata-rata keseluruhan 80,32 sesuai dengan kriteria
keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 80-85%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendidikan
Agama Islam, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:08 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:08 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2730 |