Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA MADRASAH ALIYAH SA'ADATUDDINIYAH TUNGKAL IV DESA KECAMATAN SEBERANG KOTA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Ningsih, Lestari (2024) PENGARUH METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA MADRASAH ALIYAH SA'ADATUDDINIYAH TUNGKAL IV DESA KECAMATAN SEBERANG KOTA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Lestari Ningsih
NIM : 201201890
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat
Belajar Agama Islam Siswa Madrasah Aliyah Sa'adatuddiniyah
Tungkal IV Desa Kecamatan Seberang Kota Kabupaten Tanjung
Jabung Barat

Pendidikan adalah upaya yang dilakukan secara sadar dalam rangka
pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, peran guru menjadi krusial. Penelitian ini menguji
pengaruh metode edutainment, yang merupakan metode pembelajaran dengan
menggabungkan pendidikan dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode edutainment terhadap peningkatan minat belajar
Agama Islam di Madrasah Aliyah Sa‟adatuddiniyah Tungkal. Penelitian
dilaksanakan di MA Sa‟adatuddiniyah Tungkal IV dengan subjek penelitian siswa
kelas XI IPS 1 dan 2. Dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 68 individu, dengan pengumpulan data yang dilakukan
melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dijalankan
menggunakan teknik deskriptif, persentase, dan product moment untuk pengujian
hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju
bahwa metode edutainment berhasil menciptakan suasana yang kondusif,
meningkatkan interaksi komunikatif, dan memfasilitasi pemahaman materi secara
efektif. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata variabel
metode edutainment adalah 41,76 dengan standar deviasi 6,586, sementara
variabel minat belajar memiliki rata-rata 41,34 dengan standar deviasi 6,88223.
Uji validitas dan reliabilitas mengindikasikan bahwa kedua variabel memiliki
tingkat konsistensi yang tinggi. Korelasi antara metode edutainment dengan minat
belajar adalah 0,638, yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan
signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode edutainment
memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar Agama
Islam di kalangan siswa.
Kata Kunci: Akidah Akhlak, Metode Edutainment, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:41
Last Modified: 04 Aug 2025 02:41
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item
View Item