Hidayatullah, M. Rikas (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH KURNIA KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : M. Rikas Hidayatullah
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi
Pada pembelajaran IPAS sering ditemukan kendala-kendala dalam proses
pembelajaranya dimana banyak siswa yang tidak suka dan tidak tertarik untuk
belajar, karena menganggap pelajaran IPAS membosankan mengakibatkan siswa
tidak aktif saat belajar dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Kesulitan dalam
memahami pelajaran terjadi berkaitan dengan proses pembelajaran yang kurang
menarik sehingga membuat siswa merasa bosan dan enggan mendengarkan
penjelasan guru. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model
pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik untuk belajar. Penerapan model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining menjadi salah satu solusi untuk
dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui bagaimana penerapan model Student Facilitator And Explaining
dalam meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa Kelas V dan (2) Untuk mengetahui
apakah penerapan model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan
hasil belajar IPAS Siswa Kelas V MI Kurnia Kota Jambi. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas V MI Kurnia Kota Jambi yang berjumlah 26 orang siswa dengan
KKM Individual 75. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan
tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,33%, meningkat
pada siklus II yaitu 96,66%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 71,87%,
meningkat pada siklus II yaitu 91,6%.(3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu
53,8%, meningkat pada siklus II yaitu 88,4%. Dengan demikian pembelajaran
dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat
meningkatkan hasil belajar IPAS siswa sangat baik diterapkan di Siswa Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi karena dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Facilitator And Explaining, Hasil
Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:25 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2719 |