Safrizal Putra, Reno (2025) ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN JUAL BELI CABE PADA PEDAGANG DI PASAR BAWAH BANGKO KABUPATEN MERANGIN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis berdasarkan nilai-nilai
Islam, yang mencegah kerugian pada orang lain dan mendukung konsep tidak
bersaing secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika bisnis
Islam dalam jual beli cabai di Pasar Bawah Bangko, Kabupaten Merangin.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara
kepada 10 penjual cabai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang
menerapkan prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan
kebenaran. Mereka juga berusaha meningkatkan keterampilan berjualan untuk
bersaing secara sehat. Persaingan usaha di Pasar Bawah Bangko terjadi secara
sehat, dengan penekanan pada tidak saling melemahkan. Pedagang cabai berusaha
meningkatkan kualitas produk dan layanan untuk unggul dari pedagang lain. Hal
ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam dapat meningkatkan kualitas bisnis.
Dampak persaingan usaha adalah berkurangnya konsumen dan pendapatan, serta
sulitnya menarik konsumen baru. Namun, juga ada dampak positif seperti
menetapkan harga wajar, meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan
kreativitas serta inovasi. Penelitian ini membantu memahami pentingnya etika
bisnis Islam dalam meningkatkan kualitas bisnis.
Kata kunci: Etika, Bisnis, Islam, Jual, Beli, Cabe
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:59 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2705 |