Rahmadani, Nelly (2024) IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DI KANTOR KELURAHAN KENALI BESAR KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nelly Rahmadani
NIM : 105190003
Judul : Implementasi E-Government di Kantor Kelurahan Kenali Besar
Kecamatan alam Barajo Kota Jambi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan E-Government juga memiliki kendala
dalam pemerintahan, kendala-kendala ini dapat menghamat atau memperlambat
perkembangan teknologi dalam mencapai tujuan pemerintahan. Ada beberapa faktor
kendala yang menjadi penghambat dalam penerapan E-Government dikantor Kelurahan
Kenali Besar yaitu; 1.) Gangguan pada server aplikasi dan situs web, 2.) Sumber daya
manusia (SDM) yang kurang, 3.) Jaringan internet yang tidak stabil 4.) Masyarakat
yang kurang memahami teknologi. Dengan adanya kendala tersebut, penerapan E-
Government pada kantor Kelurahan Kenali Besar, mengalami kurangnya kesetaraan
atau tidak seimbangnya dalam akses pelayanan publik untuk keandalan, internet
informasi di situs web dan menghambat dalam mengimput, mengelola, dan
menghasilkan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan penelitian ini dilakukan menggunakan jenis pendekatan kualitatif yaitu
pendekatan kualitatif Deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang
digunakan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan hasil
penelitian ini, yang pertama menjelaskan implementasi E-Government yang ada
dikantor kelurahan Kenali Besar. Dengan adanya peraturan E-Government yaitu Intruksi
Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi
Nasional, dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang bertujuan untuk
meningkatkan efesien, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan
pemerintah yang telah diterapkan di Kota Jambi. Pelaksanaan E-Government pada
kantor kelurahan Kenali Besar telah menerapkan aplikasi seperti; E-MAIL (Elektonic
Mail), SIPATEN, SIPADEK, SIMPAREDA, DJP ONLINE (Pajak), LPSE, SIPD, dan
Instagram. Dan situs web yang digunakan kantor kelurahan Kenali Besar sepertil; E-
PLANNING, Buku Tamu Digital, dan PRODEKSEL (Profil Kelurahan). Kedua, faktor
kendala E-Government dikantor Kelurahan Kenali Besar yaitu; gangguan pada server
aplikasi dan situs web, sumber daya manusia (SDM) yang kurang, jaringan yang tidak
stabil, dan masyarakat yang kurang memahami teknologi. Dan yang ketiga, menjelaskan
upaya pemerintah yang ada dikantor Kelurahan Kenali Besar saat terjadinya kendala
atau ganguan pada server aplikasi dan situs web yang akan digunakan yaitu; perlu
adanya evaluasi, melaksanakan pelatihan, dan mengurus surat-surat secara manual.
Kata Kunci : E-Government, Pemerintah, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:10 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2673 |