Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Safitri, Sinta (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Pengetahuan, Motivasi dan Self Efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif, dan metode analisis data yang digunakan adalah uji
koefisien determinasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 sampel mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha
Saifuddin Jambi. Angkatan 2020, 2021 dan 2022 dengan menyebarkan koesioner
skala likert.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh positif
secara signifikan antara Pengetahuan terhadap minat berwirausaha. Dibuktikan
dengan nilai dari t hitung 0,643 > t tabel 1.986 dengan nilai signifikansi sebesar
0.521 > 0.05. yang artinya bahwa Ha1 ditolak dan Ho1 diterima . Motivasi
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan terhadap minat
berwirausaha. Dibuktikan dengan nilai t hitung 2.474 < t tabel 1.986 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,015 > 0,05. Yang artinya bahwa Ha2 diterima dan
Ho2 ditolak. Self Efficacy menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara
signifikan terhadap minat berwirausaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung
5.094 > 1.986 dengan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 .Yang artinya bahwa Ha3
diterima dan Ho3 ditolak. Secara Silmutan Bersamaan Pengetahuan, Motivasi dan
Self Efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Hal tersebut
diketahui dari nilai signifikansi nilai Pengetahuan,Motivasi dan Self Efficacy
0,000 < 0,05. Dan nilai f hitung > f tabel (37. 541 > 3.10). Maka dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh
yang signifikan antara variabel Pengetahuan, motivasi dan self efficacy secara
simultan secara bersamaan terhadap variabel minat berwirausaha. Adapun
pengaruh ketiga variabel tersebut adalah sebesar 53,8% dan sisanya sebesar 46,2%
dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci : Pengetahuan, Motivasi, Self Efficacy, Minat Berwirausaha

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:09
Last Modified: 29 Jul 2025 08:09
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item
View Item