Ayu Nur Azharoh, Hasanah (2022) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA DARUSSALAM AL-HAFIDZ KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Hasanah Ayu Nur Azharoh
Prodi : Tadris Matematika
Judul : “Hubungan Kemandirian Belajar dengan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darussalam Al-
Hafidz Kota Jambi”.
Penelitian ini membahas tentang hubungan kemandirian belajar dan pemahaman
konsep matematis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Darussalam Al-
Hafidz Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti bahwa konsep
kemandirian belajar (X) ada hubungannya dengan pemahaman konsep matematis (Y)
di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darussalam Al-Hafidz Kota Jambi. Penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Sampling Total atau jenuh dengan sampel berjumlah 23 siswa kelas
VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes. Teknik analisis data
menggunakan korelasi phi. Berdasarkan hasil analisis data didapat "φ" yaitu 0,648,
diinterpretasikan pada table product moment pada taraf signifikansi 5% = 0,413
sedangkan pada taraf 1% = 0,526. Dengan demikian “φ" lebih besar dari rtabel. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemandirian belajar (X) terhadap
pemahaman konsep matematis siswa (Y).
Kata kunci : kemandirian belajar, konsep matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:00 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2656 |