Nafisah Najwan, Nada (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nada Nafisah Najwan
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Model Pembelajaran problem Based learning Dalam meningkatkan
Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5
Kota Jambi
Skripsi ini membahas tentang penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning yang
bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada pembelajaran PAI di Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitin ini adalah Penelitian Tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tahapan perencanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5
Kota Jambi yang berjumlah 21 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan model
Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa. Pada saat pra siklus atau
sebelum dilakukan tindakan pemahaman siswa sebesar 48% dengan kategori kurang paham,
setelah dilakukan tindakan Siklus I skor pemahaman siswa menjadi 76% dengan kategori
cukup paham. Kemudian meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai
pemahaman siswa menjadi 86% dengan kategori paham. Hasil penelitian ini menyarankan agar
guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelejaran PAI.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Problem Based learning, Pembelajaran
PAI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2643 |