Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE PROBLEM SOLVING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI

Aurelia Syahputri, Titania (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE PROBLEM SOLVING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Aurelia S, Titania, 2023. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui
Metode Active Learning tipe Problem Solving siswa di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Pembimbing:
(1) Dr. M. Hurmaini, M.Pd (II) Ropiko, M.Pd.I

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Active Learning
tipe Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa
kelas XII OTKP 3 di SMK Negeri 2 Kota Jambi
Penelitian ini identifikasi beberapa masalah yaitu, Rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI dan Guru belum menerapkan metode active learning tipe problem
solving
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang Peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII OTKP 3 dengan menggunakan
metode Active Learning tipe Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan tatap muka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Metode Active Learning tipe problem
solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan presentase
ketuntasan belajar siswa yang meningkat. Terjadi peningkatan yang signifikan dari
siklus ke siklus. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar Pendidikan agama Islam sebesar
51,4%, dan pada siklus II menjadi 85%.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran Active
Learning tipe problem solving dapat memberikan hasil yang terbaik dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci : Active Learning, Problem Solving, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:22
Last Modified: 29 Jul 2025 07:22
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2642

Actions (login required)

View Item
View Item