Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MEDIA MAGIC BOX BERBASIS CULTURE LEARNING UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERINO.197/IX PEMATANG GAJAH KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA

Wulandari, Lia (2024) PENERAPAN MEDIA MAGIC BOX BERBASIS CULTURE LEARNING UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERINO.197/IX PEMATANG GAJAH KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Lia Wulandari
Jurusan/Prodi : PGMI
Judul : Penerapan Media Magic Box Berbasis Culture Learning untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendiddikan Pancasila di Kelas IV SDN No.197/IX Pematang
Gajah Kecamatan Jambi Luar Kota.

Penggunaan media magic box berbasis culture learning mempunyai peranan yang
sangat penting yaitu dapat memberikan banyak manfaat asalkan guru berperan
aktif dalam proses pembelajaran. Skripsi ini membahas tentang penerapan media
magic box berbasis culture learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada
mata pelajaran pendidikan pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (Action Research). Desain penelitian menggunakan model Kemmis
dan Mc Taggart. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kelas IV yang
berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapam media
magic box berbasis culture learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan pancasila dilakukan dengan tahap pra tindakan,
menujukan bahwa presetasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran pendidikan
pancasila tergolong rendah dengan pra tindakan skor nilai motivasi sebesar 41.3%
dengan kategori kurang, dan hanya beberapa siswa yang mencapai kategori cukup
dan baik. Selain itu hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh
rata-rata presentase sebesar 51,7%, dam naik pada siklus II dengan adanya
perbaikan dan modifikasi materi yang akan ditampilkan menggunakan media
magic box berbasis culture learning siswa mengalami peningkatan dengn
diperoleh rata-rata presentase 79,3%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan
skor mottivasi pada siklus II dan telah memenuhi indikator keberhasilan dari
<75% . Hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan pancasila dengan media magic box berbasis culture learning.
Kata kunci: Magic box,Motivasi belajar, Culture learning,Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:20
Last Modified: 29 Jul 2025 07:20
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item
View Item