Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUBARAK KOTA JAMBI

Melani, Putri (2024) IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUBARAK KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Putri melani
Nim : 20201766
Program Studi : Pendidikan Agama Islam

x

Judul : Implementasi Metode Wahdah dalam Menghafal Al-Qur‟an di

Pondok Pesantren Al-Mubarak Kota Jambi

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi kemampuan santriwati membaca
dan menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Mubarak yang sebagian masih
butuh perhatian. Terutama bagi santriwati yang baru, kebanyakan masih kurang
teliti dalam pengaturan ayat per ayat dan kurang lancar membaca.Oleh karena itu
dibutuhkan metode tertentu untuk mengatasi hal tersebut. Dan metode wahdah
adalah yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut dikarenakan metode ini
mengharuskan seorang guru berhadapan langsung dengan muridnya untuk
membenarkan bacaan maupun memberikan motivasi kepada muridnya. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif,
dengan jenis deskriptif, peneliti berperan langsung sebagai perencana, pelaksana,
pengumpul data, penganalisis data dan sekaligus pelapor data. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik
dokumentasi. Dan sumber data penelitian ini terdiri dari data premier yaitu guru,
santriwatwati, dan pengurus. Sedangkan data sekunder diperoleh dari
dokumentasi Pondok Pesantren Al-Mubarak Tahtul Yaman Kota Jambi.Hasil
penelitian ini menemukan bahwa proses penggunaan metode wahdah dalam
menghafal Al-Qur‟an di pondok pesantren ini sudah bagus, dengan menggunakan
tiga tahap yaitu tahap persiapan sebelum memulai menghafal, tahap penerapan
metode wahdah, dan tahap evaluasi hafalan. Namun terdapat kendala santriwati
dalam menghafal Al-Qur‟an. Kendala tersebut faktor umum yaitu: kecerdasan
santriwati yang berbeda-beda, kesehatan, kurang adanya motivasi dalam diri
santriwati, dan kurang disiplin dari santriwati. Untuk mengatasi kendala santriwati
harus: Selalu berdo‟a serta meninggalkan perbuatan maksiat, menjaga kesehatan,
menanamkan motivasi di dalam diri, mengulang melafadzkan huruf hijaiyah dan
hukum bacaan yang dianggap sulit, membuat catatan kecil ayat-ayat yang serupa.

Kata Kunci: Proses wahdah, Kendala, Cara Mengatasi

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:13
Last Modified: 29 Jul 2025 07:13
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item
View Item