Prayoga, Juni (2024) PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA BAITURRAHIM KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Juni Prayoga
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Penerapan Metode Concept Mapping Untuk Meningkatkan
Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Swasta Baiturrahim Kota Jambu
Berdasarkan Hasil Observasi awal Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dengan materi “Pengertian Akidah Islam dan Hubungan Iman, Islam dan
Ihsan kurang disukai siswa, karena banyak siswa menganggap bahwa mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang menarik dan banyak mengerjakan tugas
PR dirumah yang di berikan oleh pendidik. Metode pembelajaran didalam kelas
tidak bervariasi pendidik hanya menjelaskan pembelajaran menggunakan metode
konvesional sehingga membuat pembelajaran kurang efektif dan membuat siswa
merasa jenuh.penelitian ini bertujuan untuk “Mengetahui hasil belajar siswa dengan
penerapan metode Concept Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di kelas VII Smp Swasta Baiturrahim Kota Jambi.Penelitian ini membahas tentang
bagaiamana rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di sekolah Smp Sawsta Baiturrahim Kota Jambi Hal ini terjadi karena
kurangnya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang mengajar. Siswa
seringkali bosan dan tidak dapat menangkap materi saat guru menjelaskan karena
metode yang digunakan tidak menarik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa dalam menggunakan metode
pembelajaran Concept Mapping mata pelajaran Pendidikan Agama Islam metode
pembelajaran ini merupakan model yang dapat meningkatkan fokus dan keaktifan
siswa dalam belajar .Kebehasilan belajar ditunjukkan pada setiap siklus, dimulai
saat pra siklus (observasi awal) nilai rata-rata siswa yang tuntas hanya 11,7% atau
2 orang dari jumlah seleuruhan yakni 14 orang, sementara target pencapaian
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Pada siklus I nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 27,64%% atau 5 orang tuntas dari jumlah keseluruhan. Pada
siklus II rata-rata ketuntasan kembali meningkat menjadi 72% atau 13 orang tuntas
dari jumlah keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan moetode
pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII
Smp Swasta Baitturahim Kota Jambi Dari hasil penelitian ini, peneliti
menyarankan agar para guru dapat menerapkan metode pembelajaran Concept
Mapping untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran.
KataKunci : Concept Mapping , hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:38 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2633 |